Tiga Boeing dan Satu Twin Otter Merpati Dikandangkan

Maskapai Merpati Airline dan Pemkab Merauke sejak Selasa (16/2/2010) malam, mengandangkan tiga pesawat Boeing 737-200 (KLI, AOBA, Bugodi) dan satu pesawat Twin Otter bernama Musamus di Bandara Mopah Merauke Papua. Keempat pesawat ini dikelola bersama antara Merpati dan Pemkab Merauke.

Kejadian ini menyebabkan lebih dari seratusan penumpang telantar di bandara karena pembatalan satu-satunya jasa layanan udara di Merauke ini. Kepala Bandara Mopah, Herson, Rabu siang, mengatakan penerbangan ini tidak terlalu mengganggu aktivitas calon penumpang. Pasalnya, Merpati telah mengirimkan pesawat Boeing 737 untuk memback-up calon penumpang yang akan keluar dari Merauke.

Sementara itu, General Manager Corporate Secretary Merpati, Sukandi mengakui tiga pesawat Boeing yang dikerjasamakan dengan Pemkab Merauke (KLI, AOBA, Bugodi) belum dapat melayani penerbangan keluar dari Merauke. “Terdapat beberapa pasal perjanjian kerjasama Pemkab Merauke dan Merpati yang harus dibahas dulu sebelum penerbangan lebih lanjut,” ujarnya.